SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
BAHASA ARAB
NAMA MA : MA. MANABI’UL FALAH NGEMPLAK KIDUL MARGOYOSO PATI
KELAS/PROGRAM : X (SEPULUH)
SEMESTER : 1 (SATU)
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan percakapan, memahami teks bacaan dan menyajikan informasi dan gagasan sederhana guna
mengungkapkan perasaan yang bersifat deskriptif dan naratif
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | PENGELAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER/ BAHAN | ||
JENIS TAGIHAN | BENTUK INSTRUMEN | |||||||
1. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang من يوميات الطالب dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata الاسم والفعل والحرف | - Qiroah tentang : من يوميات الطالب dengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kata الاسم والفعل والحرف | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata اسم, فعل dan حرف | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata - اسم, فعل dan حرف | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan |
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | . |
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | |
2. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang كتاب الله الخالد dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata االمذكر والمؤنث | - Qiroah tentang : كتاب الله الخالد dengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kataالمذكر والمؤنث | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata المذكر والمؤنث | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata المذكر والمؤنث | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan |
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | |
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | |
3. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang الأعمال الصالحة dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata المفرد والجموع (جمع المذكر السالم وجمع المؤنث السالم وجمع التكسير) | - Qiroah tentang : الأعمال الصالحة dengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kata - المفرد والجموع (جمع المذكر السالم وجمع المؤنث السالم وجمع التكسير) | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata المفرد والجموع (جمع المذكر السالم وجمع المؤنث السالم وجمع التكسير) | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata المفرد والجموع (جمع المذكر السالم وجمع المؤنث السالم وجمع التكسير) | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan |
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | |
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | |
4. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang محمد رسول الله dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata النكرة وانواع المعرفة (المعرف بأل والضمائر والموصول) | - Qiroah tentang : محمد رسول الله dengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kataالنكرة وانواع المعرفة (المعرف بأل والضمائر والموصول | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata النكرة وانواع المعرفة (المعرف بأل والضمائر والموصول | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata النكرة وانواع المعرفة (المعرف بأل والضمائر والموصول | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan |
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | |
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | |
Margoyoso, 14 Juli 2009.
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
Drs. HA. MUSTAJAB HASAN JASWO, S.Pd.I.
NIP. NIP.
SILABUS DAN SISTEM PENILAIAN
BAHASA ARAB
NAMA MA : MA. MANABI’UL FALAH NGEMPLAK KIDUL MARGOYOSO PATI
KELAS/PROGRAM : X (SEPULUH)
SEMESTER : 2 (DUA)
STANDAR KOMPETENSI : Melakukan percakapan, memahami teks bacaan dan menyajikan informasi dan gagasan sederhana guna
mengungkapkan perasaan yang bersifat deskriptif dan naratif
KOMPETENSI DASAR | MATERI PEMBELAJARAN | PENGELAMAN BELAJAR | INDIKATOR | PENILAIAN | WAKTU | SUMBER/ BAHAN | |||||
JENIS TAGIHAN | BENTUK INSTRUMEN | ||||||||||
5. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang غاية الايمان dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata الفعل الماضي والمضارع واسم المصدر | - Qiroah tentang : غاية الايمانdengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kata الفعل الماضي والمضارع واسم المصدر | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata الفعل الماضي والمضارع واسم المصدر | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata الفعل الماضي والمضارع واسم المصدر | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan | |||
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | | |||
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | | |||
6. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang العقيدة والعبادات في القرآن dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata ادوات الجر ومعانيها | - Qiroah tentang : العقيدة والعبادات في القرآن dengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kata ادوات الجر ومعانيها | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata ادوات الجر ومعانيها | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata ادوات الجر ومعانيها | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan | |||
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | | |||
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | | |||
7. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang الحديث الشريف dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata المبتدأ والخبر(المفرد وشبه الجملة والجملة الفعلية) | - Qiroah tentang : الحديث الشريفdengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk kata المبتدأ والخبر(المفرد وشبه الجملة والجملة الفعلية) | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk kata - المبتدأ والخبر(المفرد وشبه الجملة والجملة الفعلية) | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata المبتدأ والخبر(المفرد وشبه الجملة والجملة الفعلية) | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan | |||
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - .Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | | |||
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | | |||
8. | Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang نحن المسلمون dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata الخبر المقدم | - Qiroah tentang : نحن المسلمونdengan menggunakan 25 mufrodat baru dan struktur kalimat yang mengandung bentuk الخبر المقدم | - Setelah mendengarkan contoh bacaan, salah satu siswa membaca bahan qiroah dengan suara keras, sedangkan yang lain mendengarkan, secara bergantian. - Menemukan arti (maksud) dari beberapa mufrodat baru melalui media yang disediakan. - Menemukan simpulan dari bahan qiroah tentang bentuk الخبر المقدم | - Membaca bahan qiroah dengan lafal dan intonasi yang baik dan benar. - Menjawab pertanyaan tentang pemahaman yang berbentuk obyektif mengenai kandungan bahan qiroah. - Membedakan antara bentuk kata الخبر المقدم | - Tugas individual - Tugas kelompok - Soal lisan - Kuis - Praktek - Ulangan harian - PR | - Uraian obyektif - Uraian bebas - Isian - Menjodohkan - Praktek - Portofolio | 3 jam | - Pelajaran Bahasa Arab untuk Madrasah Aliyah Kelas X, Tim Penyusun Kantor Wilayah DeagProp. Jateng - Sumber lain yang relevan | |||
| | - Tanya jawab dg materi yang diambil dari bahan qiroah. | - Bercakap dalam bentuk tanya jawab tentang bahan qiroah antara guru dan murid serta antara murid dan murid. | - Melakukan tanya jawab tentang bahan bacaan dalam Bahasa Arab yang telah diprogramkan | | | 2 jam | | |||
| | - Latihan menyusun kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk-bentuk kata tersebut. | - Menulis kalimat dengan menggunakan mufrodat dan bentuk kata tersebut dalam bentuk insya’ muwajjah. | - Menulis kalimat-kalimat Arab dalam imla ikhtibary - Menyusun kalimat-kalimat sederhana dalam kegiatan insya’ muwajjah sesuai bahan qiroah. | | | 2 jam | | |||
Margoyoso, 14 Juli 2008.
Mengetahui/menyetujui: Penyusun,
Kepala Sekolah, Guru Bahasa Arab,
Drs. HA. MUSTAJAB HASAN JASWO, S.Pd.I.
NIP. NIP.
Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
BalasHapussedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau