RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Nama sekolah : MA. Manabi’ul Falah
Mata Pelajaran : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester : X / 1
Standar Kompetensi : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Kompetensi Dasar : 2.1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya
demokrasi
Indikator :
· Menguraikan pengertian budaya demokrasi.
· Mengidentifikasikan unsur-unsur budaya demokrasi.
· Menjelaskan contoh-contoh konkret budaya demokrasi
Alokasi Waktu : 2 x 45 menit ( 1 x Pertemuan)
A. Tujuan Pembelajaran
Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1. menguraikan pengertian budaya demokrasi
2. menjelaskan unsur-unsur budaya demokrasi
3. menampilkan contoh-contoh konkret budaya demokrasi.
B. Materi Pembelajaran
Pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur budaya demokrasi:
Kebebasan, Persamaan, Solidaritas, Toleransi, Menghormati kejujuran, Menghormati penalaran, Keadaban
C. Metode Pembelajaran
1. informasi
2. kerja mandiri
3. eksplorasi
4. diskusi
5. presentasi
D. Langkah-Langkah Pembelajaran
1. Pertemuan I
No. | Kegiatan Pembelajaran | Alokasi Waktu | Ket. |
1. | Pendahuluana. Apresepsi Guru menjajaki daya ingat siswa tentang penerapan budaya politik. b. Memotivasi Guru mengajak siswa untuk membaca kutipan pemikiran para pakar tentang budaya demokrasi menuju masyarakat madani. | | |
2. | Kegiatan Inti a. Siswa memperhatikan guru menampilkan peta konsep tentang tentang budaya demokrasi menuju masyarakat madani. b. Siswa membacakan pendahuluan dalam buku halaman 30. c. Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur budaya demokrasi. d. Siswa mendiskusikan perilaku masyarakat yang tidak menghargai aturan dalam kehidupan masyarakat. e. Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas. f. Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur budaya demokrasi. | | |
3. | Kegiatan Akhira. Refleksi Siswa dan guru membuat rangkuman tentang materi pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur masyarakat demokrasi. b. Penilaian Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa secara individu dan kelompok. c. Penugasan Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang manfaat perilaku yag beradab dalam kehidupan bersama. | | |
E. Sumber pembelajaran:
1. Buku Kewarganegaraan SMA kelas 2 Erlangga halaman 29-37
2. Buku Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Mmadani, Jakarta: Prenada Media.
3. Demokrasi dan Civil Society karangan Mohammad AS Hikam tahun 1996.
4. Media massa: majalah, koran, dan internet.
F. Media
1. Papan tulis
2. Transparan Konsep
3. Alat-alat tulis
4. Power Point
5. OHP
G. Penilaian
1. Karangan siswa
Format peniliaannya:
No. | Kesesuaian dengan tema | Sistematisasi pemikiran | Judul karangan | Kerapian dan penilaian | Jumlah |
1. | | | | | |
Keterangan:
· Nilai maksimal aspek kesesuaian dengan tema: 30, minimal: 10
· Nilai maksimal aspek sistematisasi pemikiran: 20, minimal: 10
· Nilai maksimal aspek judul karangan:30 ; minimal: 10
· Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal:10
2. Diskusi kelompok halaman 26-27
Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
No. | Nama | ASPEK PENILAIAN | Total nilai | Presentasi | ||||
Sikap | Keaktifan | Wawasan | Kemampuan mengemukakan pendapat | Kerja sama | ||||
| | | | | | | | |
Keterangan: nilai maksimal 20
LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No | Nama Siswa | Aspek yang Dinilai | Skor/ Jumlah | |||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | 6 | |||
| | | | | | | | |
Aspek yang dinilai:
1. Kemampuan menyampaikan pendapat.
2. Kemampuan memberikan argumentasi.
3. Kemampuan memberikan kritik.
4. Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5. Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6. Kelancaran berbicara.
Penskoran: Jumlah skor:
A. Tidak Baik Skor 1 24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik Skor 2 18—23 = Baik
C. Cukup Baik Skor 3 12—17 = Cukup
D. Baik Skor 4 6—11 = Kurang
E. Sangat Baik Skor 5
FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI
No | Nama Siswa | Kriteria Penilaian | Jumlah Skor | ||||
1 | 2 | 3 | 4 | 5 | |||
1 | | | | | | | |
2 | | | | | | | |
dst | | | | | | | |
Keterangan: Rentang skor : 1—3
1. Aktivitas dalam kelompok 2—15 = Sangat baik
2. Tanggung jawab individu 9—11 = Baik
3. Pemikiran 6—8 = Cukup
4. Keberanian berpendapat 3—5 = Kurang
5. Keberanian tampil
Pati, Juli 2008
Mengetahui:
Kepal MA. Manabi’ul Falah, Guru Mapel
Drs. HA. Mustajab Hasan Imam Subiyanto, SH, S.Pd.I
Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
BalasHapussedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau