Sabtu, 08 Januari 2011

RPP PKn


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

Nama sekolah               : MA. Manabi’ul Falah
Mata Pelajaran              : Pendidikan Kewarganegaraan
Kelas/semester             :  X / 1

Standar Kompetensi       : 2. Menganalisis budaya demokrasi menuju masyarakat madani
Kompetensi Dasar         : 2.1. Mendeskripsikan pengertian dan prinsip-prinsip budaya
                                      demokrasi
Indikator                        :
·       Menguraikan pengertian budaya demokrasi.
·       Mengidentifikasikan unsur-unsur budaya demokrasi.
·       Menjelaskan contoh-contoh konkret budaya demokrasi
Alokasi Waktu   :  2 x 45 menit ( 1 x  Pertemuan)

A.      Tujuan Pembelajaran

Setelah proses pembelajaran, siswa diharapkan dapat:
1.      menguraikan pengertian budaya demokrasi
2.      menjelaskan unsur-unsur budaya demokrasi
3.      menampilkan contoh-contoh konkret budaya demokrasi.
                                

B.      Materi Pembelajaran

      Pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur budaya demokrasi:
Kebebasan, Persamaan, Solidaritas, Toleransi, Menghormati kejujuran, Menghormati penalaran, Keadaban

C.      Metode Pembelajaran

1.       informasi
2.       kerja mandiri
3.       eksplorasi
4.       diskusi
5.       presentasi

D.      Langkah-Langkah Pembelajaran

1.      Pertemuan I
No.

Kegiatan Pembelajaran

Alokasi Waktu
Ket.
1.
Pendahuluan
a.       Apresepsi
Guru menjajaki daya ingat siswa tentang penerapan budaya politik.
b.    Memotivasi
Guru mengajak siswa untuk membaca kutipan pemikiran para pakar tentang budaya demokrasi menuju masyarakat madani. 


2.
Kegiatan Inti
  a.      Siswa memperhatikan guru menampilkan peta konsep tentang tentang budaya demokrasi menuju masyarakat madani.
  b.      Siswa membacakan pendahuluan dalam buku halaman 30.
  c.      Siswa memperhatikan penjelasan guru tentang pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur budaya demokrasi.
  d.      Siswa mendiskusikan perilaku masyarakat yang tidak menghargai aturan dalam kehidupan masyarakat.
  e.      Siswa membacakan hasil diskusinya di depan kelas.
    f.      Siswa dan guru membuat kesimpulan tentang pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur budaya demokrasi.


3.
Kegiatan Akhir
a.       Refleksi
Siswa dan guru membuat rangkuman tentang materi pengertian budaya demokrasi dan unsur-unsur masyarakat demokrasi.
b.       Penilaian
Guru memberi penilaian terhadap hasil kerja siswa secara individu dan kelompok.
c.       Penugasan
Guru memberi tugas kepada siswa untuk membuat karangan tentang manfaat perilaku yag beradab dalam kehidupan bersama. 



E.      Sumber pembelajaran:
1.       Buku Kewarganegaraan SMA kelas 2 Erlangga halaman 29-37
2.       Buku Pendidikan Kewarganegaraan (Civic Education): Demokrasi, Hak Asasi Manusia, dan Masyarakat Mmadani, Jakarta: Prenada Media.
3.       Demokrasi dan Civil Society karangan Mohammad AS Hikam tahun 1996.
4.       Media massa: majalah, koran, dan internet.

F.      Media
1.       Papan tulis
2.       Transparan Konsep
3.       Alat-alat tulis
4.       Power Point
5.       OHP

G.       Penilaian
1.        Karangan siswa
Format peniliaannya:
No.
Kesesuaian dengan tema
Sistematisasi pemikiran
Judul karangan
Kerapian dan penilaian
Jumlah
1.





Keterangan:
·               Nilai maksimal aspek kesesuaian dengan tema: 30, minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek sistematisasi pemikiran: 20, minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek judul karangan:30 ; minimal: 10
·               Nilai maksimal aspek kerapian/penampilan: 20; minimal:10


2.        Diskusi kelompok halaman 26-27

Berikut ini format penilaian diskusi kelompok.
               
No.
Nama
ASPEK PENILAIAN
Total nilai

Presentasi

Sikap
Keaktifan
Wawasan
Kemampuan mengemukakan pendapat

Kerja sama

















        Keterangan: nilai maksimal 20


LEMBAR OBSERVASI DISKUSI KELOMPOK
No
Nama Siswa
Aspek yang Dinilai
Skor/ Jumlah
1
2
3
4
5
6














Aspek yang dinilai:
1.       Kemampuan menyampaikan pendapat.
2.       Kemampuan memberikan argumentasi.
3.       Kemampuan memberikan kritik.
4.       Kemampuan mengajukan pertanyaan.
5.       Kemampuan menggunakan bahasa yang baik.
6.       Kelancaran berbicara.

Penskoran:                                                      Jumlah skor:
A. Tidak Baik      Skor 1                                       24—30 = Sangat Baik
B. Kurang Baik    Skor 2                                       18—23 = Baik
C. Cukup Baik     Skor 3                                       12—17 = Cukup
D. Baik              Skor 4                                       6—11 = Kurang
E. Sangat Baik    Skor 5

FORMAT PENILAIAN PROSES DISKUSI

No

Nama Siswa

Kriteria Penilaian
Jumlah Skor
1
2
3
4
5
1







2







dst








Keterangan:                                                                   Rentang skor : 1—3
1.       Aktivitas dalam kelompok                                       2—15               = Sangat baik               
2.       Tanggung jawab individu                                       9—11                = Baik  
3.       Pemikiran                                                             6—8                  = Cukup           
4.       Keberanian berpendapat                                        3—5                  = Kurang         
5.       Keberanian tampil




Pati, Juli 2008
              Mengetahui:
Kepal MA. Manabi’ul Falah,                                                  Guru Mapel                                  



Drs. HA. Mustajab Hasan                                                                 Imam Subiyanto, SH, S.Pd.I

1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus