Sabtu, 08 Januari 2011

Cakupan Materi Pendidikan Islam dalam Al-Qur'an



Ruang Lingkup Materi Pendidikan Islam
dalam Al-Qur'an
Oleh : Ustadz Jaswo
Ilmu menurut Al-Qur’an mencakup segala macam pengetahuan yang berguna bagi manusia dalam kehidupannya, baik masa kini maupun masa depan, baik fisika atau metafisika. Kalsifikasi ilmu ini ada dua kategori, yaitu :
1.      Ilmu abadi (perennial knowledge) yang berdasarkan wahyu Ilahi yang tertera dalam Al-Qur’an dan Hadits, serta segala yang dapat diambil dari keduannya.
2.      Ilmu yang dicari (acquired knowledge) termasuk  sains kealaman dan terapannya yang dapat berkembang secara kualitatif  dan penggandaan, variasi terbatas dan pengalihan antar  budaya selama tidak bertentangan dengan syari’ah sebagai sumber nilai.
Dari uraian di atas maka cakupan materi pendidikan Islam adalah meliputi :
1.       Bahan pelajaran PAI, yang meliputi tujuh unsur, yaitu :
a.       Keimanan, yang meliputi keyakinan dan kepercayaan terhadap Allah SWT., Tuhan semesta alam, sifat-sifat-Nya, kitab-kitab-Nya, para utusan-Nya, para malaikat-Nya, hari akhir, qadla dan qadar, serta hal-hal yang berhubungan dengan masalah keyakinan.
b.       Ibadah, yang meliputi tata cara pengabdian hamba kepada Allah SWT.
c.       Al-Qur’an, sebagai dasar hukum dan pedoman dalam kehidupan untuk menuju kebahagiaan di dunia dan akhirat.
d.       Akhlak, yang berhubungan dengan keutamaan-keutamaan dan sifat-sifat terpuji yang harus digunakan untuk menghiasi diri, dan kerendahan-kerendahan serta sifat-sifat tercela yang harus diajauhi.
e.       Mu’amalah, yang mengatur hubungan antara sesama manusia dalam hal berdagang dan pergaulan sehari-hari.
f.         Syari’ah, yang meliputi hukum-hukum dan peraturan-peraturan yang digunakan sebagai pedoman dalam menjalankan agama. 
g.       Tarikh, yang meliputi peristiwa-peristiwa masa lalu yang digunakan sebagai pelajaran dalam pelaksanaan agama.
2.       Ilmu-ilmu umum yang dibutuhkan dalam kehidupan dan dakwah Islam, yaitu : segala macam ilmu yang berguna, selama tidak bertentangan dengan norma-norma agama adalah merupakan suatu kewajiban. Manusia sebagai khalifah di bumi mempunyai tugas mengelola bumi sebaik-baiknya, sedangkan untuk mengelola bumi dengan baik dibutuhkan  beberapa disiplin ilmu, karena disiplin ilmu merupakan sarana yang dibutuhkan untuk melaksanakan tugas tersebut. Dan sarana yang diperlukan untuk melaksanakan kewajiban adalah wajib pula hukumnya, sebagimana dijelaskan dalam kaidah :ما لا يؤدي الواجب إلا به فهو واجب   (kewajiban yang tidak bisa dilaksanakan kecuali dengan adanya sesuatu hal, maka hal tersebut adalah wajib).
Semua ilmu-ilmu tersebut mempunyai ruang lingkup sebagai berikut :
1.       Hubungan manusia dengan Allah SWT., yang  lazim disebut sebagai ibadah.
2.       Hubungan manusia dengan sesama manusia, sebagai makhluk sosial, yang tidak dapat hidup sendiri tanpa bantuan manusia lainnya, oleh karena itu harus berhubungan dengan manusia lainnya.
3.       Hubungan manusia dengan dirinya sendiri, sebagai makhluk individu dan yang mempunyai tanggung jawab pribadi yang tidak dapat diwakilkan kepada orang lain. Setelah itu kemudian diperintahkan untuk memelihara diri orang lain terutama keluarganya, kemudian baru orang lain.
4.       Hubungan manusia dengan makhluk lain, sebagi ciptaan Allah yang diperuntukkan bagi kepentingan manusia. Dan manusia diwajibkan sebagai pengelola (khalifah) dengan sebaik-baiknya.



1 komentar:

  1. Assalamualaikum Salam sejahtera untuk kita semua, Sengaja ingin menulis
    sedikit kesaksian untuk berbagi, barangkali ada teman-teman yang sedang
    kesulitan masalah keuangan, Awal mula saya mengamalkan Pesugihan Tanpa
    Tumbal karena usaha saya bangkrut dan saya menanggung hutang sebesar
    1M saya sters hampir bunuh diri tidak tau harus bagaimana agar bisa
    melunasi hutang saya, saya coba buka-buka internet dan saya bertemu
    dengan KYAI SOLEH PATI, awalnya saya ragu dan tidak percaya tapi selama 3 hari
    saya berpikir, saya akhirnya bergabung dan menghubungi KYAI SOLEH PATI
    kata Pak.kyai pesugihan yang cocok untuk saya adalah pesugihan
    penarikan uang gaib 4Milyar dengan tumbal hewan, Semua petunjuk saya ikuti
    dan hanya 1 hari Astagfirullahallazim, Alhamdulilah akhirnya 4M yang saya
    minta benar benar ada di tangan saya semua hutang saya lunas dan sisanya
    buat modal usaha. sekarang rumah sudah punya dan mobil pun sudah ada.
    Maka dari itu, setiap kali ada teman saya yang mengeluhkan nasibnya, saya
    sering menyarankan untuk menghubungi KYAI SOLEH PATI Di Tlp 0852-2589-0869
    agar di berikan arahan. Supaya tidak langsung datang ke jawa timur,
    saya sendiri dulu hanya berkonsultasi jarak jauh. Alhamdulillah, hasilnya sangat baik,
    jika ingin seperti saya coba hubungi KYAI SOLEH PATI pasti akan di bantu Oleh Beliau

    BalasHapus