Sabtu, 08 Januari 2011

RPP B. ARAB XII


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Madrasah                   :   MA. Manabi’ul Falah
Mata Pelajaran          :   Bahasa Arab
Kelas/Semester          :   XII/1
Pertemuan ke             :   1, 2 dan 3
Alokasi Waktu           :   6 jam pelajaran (3 X pertemuan)


I.           STANDAR KOMPETENSI

Menguasai 250 kosa kata baru dengan struktur kalimat كان – يكون – ليس  yang benar dan baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok, peserta didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah
II.        KOMPETENSI DASAR

Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya' muwajjah tentang   الإمام الشافعي     dengan struktur kalimat   yang mengandung bentuk-bentuk كان – يكون - ليس   dan pengaruhnya di dalam makna jumlah.
III.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu membaca bahan qiro'ah dengan baik dan benar, dan memahami kandungannya, sehingga mempunyai kecakapan membaca, memahami dan menulis insya’ muwajjah serta mampu menggali informasi, mengolah informasi, bekerja sama, memecahkan masalah baik individu maupun kelompok.
IV.    MATERI PEMBELAJARAN
Bahan qiro'ah   الإمام الشافعي   dan kaidah nahwu كان – يكون - ليس
V.   METODE PENGAJARAN
Audio Lingual, driling, diskusi dengan pendekatan Communicative.
VI.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas XII Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.      VCD Player
VII.   Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
Pembukaan (diawali dengan do'a, absensi) dan apersepsi
3 X 10 menit

2.
Kegiatan Inti
1.       Guru Membaca Bahan Qiro'ah, Siswa Mendengarkan Bacaan Tanpa Membuka Buku, Kemudian Siswa Mnirukan Bacaan Guru
2.       Guru Membaca Kembali Bahan Qiro'ah, Siswa Menirukan Dengan Membuka Buku Bacaan
3.       Siswa Membaca Bahan Qiro'ah Secara Berkelompok, Kemudian Siswa Praktik Satu Per Satu
4.       Siswa Mencari Kosa Kata Baru Yang Belum Dipahami Maknanya, Kemudian Guru Menjelaskannya
5.       Siswa Menterjemahkan Bahan Qiro'ah Secara Berkelompok Atau Individu, Kelompok Siswa Yang Lain Menyimak Dan Memberi Tanggapan
6.       Siswa mempraktekkan berbicara dengan Bahasa Arab tentang Imam Syafi’I dengan menggunakan lafal كان – يكون – ليس

3 X 60 menit

3.
Kegiatan Akhir
1.       Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pokok
2.       Evaluasi dan penugasan
3 X 10 menit
VIII.    PENILAIAN


A.     Penilaian Proses :
Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi siswa, baik secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran berlangsung
B.     Kinerja :
Evaluasi dan penugasan
C. Instrumen


1.  Tulis :
1- من الإمام الشافعي ؟
2- أين ولد السافعي؟ فى أي سنة ؟
3- هل الشافعي إمام من الأئمة الأربعة ؟
4- كيف كان الشافعي وقت ولادته ؟
5- هل الشافعي من العائلة الغنية؟
Kunci jawaban :
1- الإمام الشافعي هو أحد الأئمة الأربعة
2- ولد الشاافعي بغزة سنة 150 (مئة وخمسين) هجرية.
3- تعم هوإمام من الأئمة الأربعة 
4- كان الشافعي وقت ولادته يتيما
5- لا ليس الشافعي من العائلة الغنية

Pedoman Penskoran :

Skor maksimal
Masing-masing item soal skor masimal 20 jumlah = 100
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =    Perolehan skor X jumlah item soal   
                 
2.  Praktek :
اكتب قصة الإمام الشافعي مستخدما بلفط كان – يكون – ليس على قدر 100 كلمة من إنشاءك !

 

Pedoman Penskoran

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
Ø      Siswa menulis dengan lengkap sesuai kaidah كان – يكون – ليس
Ø      Siswa menulis tidak lengkap sesuai kaidah
Ø      Siswa menulis tidak lengkap tidak sesuai kaidah
3

2
1


Skor maksimal
No. 1) = 3
No. 2) = 2
No. 3) = 1
Jumlah = 6
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =     Perolehan skor  X skor ideal (100)   
                                            Skor maksimum (6)






VIII.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas XII Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.      Kamus Bahasa Arab
4.      Terjemah Nahwu Alfiyah Ibnu Malik








Margoyoso,   21 Juli 2008.
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala MA. Manabi’ul Falah                                       Bahasa Arab




Drs.HA. Mustajab Hasan                                         Jaswo, S.Pd.I.





























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran        :   Bahasa Arab
Kelas/Semester        :   XII/2
Pertemuan ke           :   4, 5 dan 6
Alokasi Waktu         :   6 jam pelajaran (3 X pertemuan)


I.  STANDAR KOMPETENSI

Menguasai 250 kosa kata baru dengan struktur kalimat (tarkib al-kalimat) yang benar dan baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok, peserta didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah
II. KOMPETENSI DASAR

Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya' muwajjah tentang   رسالة من مكة المكرمة     dengan struktur kalimat   yang mengandung bentuk-bentuk مرفوعات الأسماء : المبتدأ والفاعل والمعطوف على المرفوع  
III.  TUJUAN PEMBELAJARAN

Siswa mampu membaca bahan qiro'ah dengan baik dan benar, dan memahami kandungannya, sehingga mempunyai kecakapan membaca, memahami dan menulis surat dengan Arab sesuai kaidah nahwu tentang المبتدأ والفاعل والمعطوف على المرفوع.
IV.  MATERI PEMBELAJARAN

Bahan qiro'ah   رسالة من مكة المكرمة dan kaidah nahwu مرفوعات الأسماء : المبتدأ والفاعل والمعطوف على المرفوع  
V.   MODEL DAN METODE PEMBELAJARAN
-     Model    : cooperatif learning
-  Metode   : Diskusi, ceramah, tanya jawab, pemberian tugas.

VI.   MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas XII Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
Pembukaan (diawali dengan do'a, absensi) dan apersepsi
3 X 10 menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Guru membaca bahan qiro'ah, siswa mendengarkan bacaan tanpa membuka buku, kemudian siswa mnirukan bacaan guru
b.      Guru membaca kembali bahan qiro'ah, siswa menirukan dengan membuka buku bacaan
c.       Siswa membaca bahan qiro'ah secara berkelompok, kemudian siswa praktik satu persatu
d.      Siswa mencari kosa kata baru yang belum dipahami maknanya, kemudian guru menjelaskannya
e.       Siswa menterjemahkan bahan qiro'ah secara berkelompok atau individu, kelompok siswa yang lain menyimak dan memberi tanggapan
f.        Siswa mempraktekkan menulis surat kepada temannya dengan Bahasa Arab tentang رسالة من مكة المكرمة dengan menggunakan مرفوعات الأسماء : المبتدأ والفاعل والمعطوف على المرفوع  
3 X 60 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pokok
b.      Evaluasi dan penugasan
3 X 10 menit
VIII.    PENILAIAN


1.      Penilaian Proses :
Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi siswa, baik secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran berlangsung
2.      Hasil Kerja:
   Evaluasi dan penugasan
C.    Instrumen


1.  Tulis :
1- من تسلم رسالة من مكة المكرمة ؟
2- كيف حال كاتب الرسالة فى مكة المكرمة  ؟
3- هل هو يسرّ أن يكتب لك الرسالة ؟
4- ماذايرجو كاتب الرسالة منك ؟
5- هل أنت فى فرح بتسليم الرسالة من مكة المكرمة ؟ 
Kunci jawaban :
1-الذى تسلم رسالة من مكة المكرمة هو محمد شوقى
2- هو فى مكة المكرمة  بخير وعافية
3- نعم هو يسرّ أن يكتب لى الرسالة
4- هو يرجو أن أزور بلاده
5- نعم أنا أنت فى فرح بتسليم الرسالة من مكة المكرمة

Pedoman Penskoran :

Skor maksimal
Masing-masing item soal skor masimal 20 jumlah = 100
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =    Perolehan skor X jumlah item soal   

2. Praktek :

اكتب رسالة إلى بعض أخيك باللغة العربية  على قدر 100 كلمة من إنشاءك  تحتمل على المبتدأ والفاعل والمعطوف على المرفوع  !

Pedoman Penskoran

No
Kegiatan
Skor
1


2
3
Ø      Siswa menulis dengan lengkap sesuai kaidah  المبتدأ والفاعل والمعطوف على المرفوع 
Ø      Siswa menulis tidak lengkap sesuai kaidah
Ø      Siswa menulis tidak lengkap tidak sesuai kaidah
3

2
1


Skor maksimal
No. 1) = 3
No. 2) = 2
No. 3) = 1
Jumlah = 6
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =     Perolehan skor  X skor ideal (100)   
                                            Skor maksimum (6)





IX.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas XII Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.      Kamus Bahasa Arab Al-Munawir
4.      Alfiyah Ibnu Malik







Margoyoso,  11  Agustus 2008.
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala MA. Manabi’ul Falah                                       Bahasa Arab




Drs. HA. Mustajab Hasan                                        Jaswo, S.Pd.I.






























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          :   Bahasa Arab
Kelas/Semester          :   XII/1
Pertemuan ke             :   7, 8 dan 9
Alokasi Pertemuan    :   6 jam pelajaran (3 X pertemuan)


I.       STANDAR KOMPETENSI

Menguasai 250 kosa kata baru dengan struktur kalimat (tarkib al-kalimat) yang benar dan baik sesuai dengan tema-tema yang tersedia dalam materi pokok, peserta didik memiliki skill untuk memahami teks-teks berbahasa Arab serta menggunakannya dalam bahasa percakapan dan insya’ muwajjah
II.       KOMPETENSI DASAR

Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya' muwajjah tentang   واجب الإنسان نحو ربه     dengan struktur kalimat   yang mengandung bentuk-bentuk منصوبات الأسماء : المغعول به واسم إنَّ وخبر كان والمعطوف على المنصوب   
III.   TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu membaca bahan qiro'ah dengan baik dan benar, dan memahami kandungannya, sehingga mempunyai kecakapan membaca, memahami dan menulis insya’ muwajjah sesuai kaidah Nahwu tentang المغعول به واسم إنَّ وخبر كان والمعطوف على المنصوب serta mampu menggali informasi, mengolah informasi, bekerja sama, memecahkan masalah baik individu maupun kelompok.
IV.  MATERI PEMBELAJARAN
Membaca Bahan qiro'ah   واجب الإنسان نحو ربه     dan kaidah nahwu منصوبات الأسماء : المغعول به واسم إنَّ وخبر كان والمعطوف على المنصوب   
V.   Metode Pengajaran


Driling, demontrasi, diskusi dengan pendekatan Communicative.
VI.  Media Pembelajaran
  1. Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas XII Kanwil Depag Jawa Tengah
2.   Bacaan-bacaan lain yang relevan
VII.   Langkah Pembelajaran



No
Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
Pembukaan (diawali dengan do'a, absensi) dan apersepsi
3 X 10 menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Guru Membaca Bahan Qiro'ah, Siswa Mendengarkan Bacaan Tanpa Membuka Buku, Kemudian Siswa Mnirukan Bacaan Guru
b.      Guru Membaca Kembali Bahan Qiro'ah, Siswa Menirukan Dengan Membuka Buku Bacaan
c.       Siswa Membaca Bahan Qiro'ah Secara Berkelompok, Kemudian Siswa Praktik Satu Per Satu
d.      Siswa Mencari Kosa Kata Baru Yang Belum Dipahami Maknanya, Kemudian Guru Menjelaskannya
e.       Siswa Menterjemahkan Bahan Qiro'ah Secara Berkelompok Atau Individu, Kelompok Siswa Yang Lain Menyimak Dan Memberi Tanggapan
f.        Siswa mempraktekkan berbicara dengan Bahasa Arab tentang واجب الإنسان نحو ربه dengan menggunakan lafal  المغعول به واسم إنَّ وخبر كان والمعطوف على المنصوب   
3 X 60 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pokok
b.      Evaluasi dan penugasan
3 X 10 menit
VIII.    PENILAIAN


A.     Penilaian Proses :
Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi siswa, baik secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran berlangsung
B.     Kinerja :
Evaluasi dan penugasan
C. Instrumen Evaluasi


=> Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai واجب الإنسان نحو ربه     dan المغعول به واسم إنَّ وخبر كان والمعطوف على المنصوب   

Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal           : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat               : ……………………………………………………..
No.
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik


Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu


IX.     SUMBER BELAJAR
1.   Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas XII Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.      Kamus Bahasa Arab
4.      Terjemah Nahwu Alfiyah Ibnu Malik









Margoyoso,   September 2008.
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala MA. Manabi’ul Falah                                       Bahasa Arab




Drs. HA. Mustajab Hasan                                        Jaswo, S.Pd.I.









RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          :   Bahasa Arab
Kelas/Semester          :   X/1
Pertemuan ke             :   1, 2, dan 3
Alokasi Pertemuan    :   6 jam pelajaran (3 X pertemuan)


I.  STANDAR KOMPETENSI

Melakukan percakapan, memahami teks bacaan dan menyajikan informasi dan gagasan sederhana guna mengungkapkan perasaan yang bersifat deskriptif dan naratif
II.  KOMPETENSI DASAR

Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang من يوميات الطالب  dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata الإسم والفعل والحرف

III.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu melakukan percakapan, memahami teks bacaan dan menyajikan informasi dan gagasan sederhana guna mengungkapkan perasaan yang bersifat deskriptif dan naratif.
IV.  MATERI PEMBELAJARAN

Bahan qiro'ah   من يوميات الطالب   dan kaidah nahwu الإسم والفعل والحرف

V.   METODE PEMBELAJARAN
Driling, demontrasi, diskusi dengan pendekatan Communicative.
VI.  MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas X Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.      Gambar/Slide

VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
Pembukaan (diawali dengan do'a, absensi) dan apersepsi
3 X 10 menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Guru membaca bahan qiro'ah, siswa mendengarkan bacaan tanpa membuka buku, kemudian siswa mnirukan bacaan guru
b.      Guru membaca kembali bahan qiro'ah, siswa menirukan dengan membuka buku bacaan
c.       Siswa membaca bahan qiro'ah secara berkelompok, kemudian siswa praktik satu per satu
d.      Siswa mencari kosa kata baru yang belum dipahami maknanya, kemudian guru menjelaskannya
e.       Siswa menterjemahkan bahan qiro'ah secara berkelompok atau individu, kelompok siswa yang lain menyimak dan memberi tanggapan
f.  Siswa mempraktekkan berbicara dengan Bahasa Arab tentang         من يوميات الطالب dengan menggunakan الإسم والفعل والحرف
3 X 60 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.   Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pokok
b.  Evaluasi dan penugasan
3 X 10 menit

VIII.    PENILAIAN


A. Penilaian Proses :
Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi siswa, baik secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran berlangsung

B. Kinerja :
Evaluasi dan penugasan
C. Instrumen


ð     Unjuk kerja dalam bentuk diskusi jigsaw mengenai من يوميات الطالب dengan menggunakan الاسم والفعل والحرف   

Penilaian Diskusi

Hari/Tanggal         : …………………………………………………….
Topik diskusi/debat             : ……………………………………………………..
No.
Sikap/Aspek yang dinilai
Nama Kelompok/ Nama peserta didik
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
Penilaian kelompok
1.
Menyelesaikan tugas kelompok dengan baik


Kriteria Penilaian :
Kriteria Indikator
Nilai Kualitatif
Nilai Kuantitatif
80-100
Memuaskan
4
70-79
Baik
3
60-69
Cukup
2
45-59
Kurang cukup
1

 
2
Kerjasama kelompok



3
Hasil tugas



Jumlah Nilai Kelompok


Penilaian Individu Peserta didik
1.
Berani mengemukakan pendapat



2.
Berani menjawab pertanyaan



3.
Inisiatif



4.
Ketelitian



Jumlah Nilai Individu



IX.  SUMBER BELAJAR
  1. Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas X Kanwil Depag Jawa Tengah
  2. Bacaan-bacaan lain yang relevan
  3. Kamus Bahasa Arab
  4. Terjemah Nahwu Jurumiyah








Margoyoso,   Juli 2008.
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala MA. Manabi’ul Falah                                       Bahasa Arab




Drs. HA. Mustajab Hasan                                        Jaswo, S.Pd.I.














RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP)

Mata Pelajaran          :   Bahasa Arab
Kelas/Semester          :   X/1
Pertemuan ke             :   4, 5, dan 6
Alokasi Pertemuan    :   6 jam pelajaran (3 X pertemuan)


I.  STANDAR KOMPETENSI

Melakukan percakapan, memahami teks bacaan dan menyajikan informasi dan gagasan sederhana guna mengungkapkan perasaan yang bersifat deskriptif dan naratif
II.  KOMPETENSI DASAR

Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang
كتاب الله الخالد  dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata االمذكر والمؤنث
III.  TUJUAN PEMBELAJARAN
Siswa mampu melakukan percakapan, memahami teks bacaan dan menyajikan informasi dan gagasan sederhana guna mengungkapkan perasaan yang bersifat deskriptif dan naratif.
IV.  MATERI PEMBELAJARAN

Membaca, memahami, berbicara dan menulis dalam Insya’ muwajjah tentang  كتاب الله الخالد dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata االمذكر والمؤنث
V.   METODE PEMBELAJARAN
Driling, demontrasi, diskusi dengan pendekatan Communicative.
VI.  MEDIA PEMBELAJARAN
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas X Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.   Mushaf Al-Qur’an
VII. LANGKAH PEMBELAJARAN

No
Kegiatan
Waktu

1.
Kegiatan Awal
Pembukaan (diawali dengan do'a, absensi) dan apersepsi
3 X 10 menit

2.
Kegiatan Inti
a.       Guru membaca bahan qiro'ah, siswa mendengarkan bacaan tanpa membuka buku, kemudian siswa mnirukan bacaan guru
b.      Guru membaca kembali bahan qiro'ah, siswa menirukan dengan membuka buku bacaan
c.       Siswa membaca bahan qiro'ah secara berkelompok, kemudian siswa praktik satu persatu
d.      Siswa mencari kosa kata baru yang belum dipahami maknanya, kemudian guru menjelaskannya
e.       Siswa menterjemahkan bahan qiro'ah secara berkelompok atau individu, kelompok siswa yang lain menyimak dan memberi tanggapan
f.        Siswa mempraktekkan berbicara dengan Bahasa Arab tentang كتاب الله الخالد  dengan struktur kalimat yang mengandung bentuk-bentuk kata االمذكر والمؤنث
3 X 60 menit

3.
Kegiatan Akhir
a.       Guru membimbing siswa menyimpulkan materi pokok
b.      Evaluasi dan penugasan
3 X 10 menit


VIII.    PENILAIAN


A. Penilaian Proses :
Penilaian proses dilakukan terhadap partisipasi siswa, baik secara individu maupun kelompok selama proses pembelajaran berlangsung
B. Kinerja :
Evaluasi dan penugasan
C. Instrumen


     
تكلم مع بعض إخوانك امام الفصل عن كتاب الله الخالد ! (واحدا فواحدا)

Pedoman Penskoran

No
Kegiatan
Skor
1
2
3
Ø      Siswa melakukan percakapan dengan lancar
Ø      Siswa melakukan percakapan kurang lancar
Ø      Siswa melakukan percakapan tidak lancar
3
2
1


Skor maksimal
No. 1) = 3
No. 2) = 2
No. 3) = 1
Jumlah = 6
Penghitugan nilai akhir dalam skala 0 s.d. 100
Nilai akhir =     Perolehan skor  X skor ideal (100)   
                                            Skor maksimum (6)

IX.     SUMBER BELAJAR
1.      Buku pelajaran Bahasa Arab MA Kelas X Kanwil Depag Jawa Tengah
2.      Bacaan-bacaan lain yang relevan
3.      Kamus Bahasa Arab
4.      Terjemah Nahwu Jurumiyah









Margoyoso,   Agustus 2008.
Mengetahui                                                                   Guru Mata Pelajaran
Kepala MA. Manabi’ul Falah                                       Bahasa Arab




Drs. HA. Mustajab Hasan                                        Jaswo, S.Pd.I.











Tidak ada komentar:

Posting Komentar